News

Asian Games 2022: Rinov/Pitha Mulus, Rehan/Lisa Menyerah

Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

 

Bulutangkis.republika.co.id, JAKARTA -- Kondisi berbeda dialami dua pasangan ganda campuran Indonesia yang berlaga di babak pertama nomor individu cabang bulutangkis Asian Games 2022. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melaju ke babak kedua, sedangkan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati menyerah di tangan lawannya, Senin (2/10/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Rinov/Pitha mampu mengalahkan wakil Korea, Kim Won Ho/Jeong Na Eun dalam pertandingan ketat 3 gim, 21-15, 16-21 dan 21-19. Sedangkan Rehan/Lisa mudah saja dikalahkan pasangan Cina Taipei,  Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin dengan 13-21 dan 20-22.

"Alhamdulillah bisa menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan dan tanpa cedera. Dibanding pertemuan kami sebelumnya dengan mereka, lawan berubah cukup banyak dari segi pola permainan," kata Pitha.

Lawan menyulitkan mereka terutama di gim kedua dan ketiga dimana mereka tertinggal poin terus. Tapi dia dan Rinov mencoba terus, fokus dan percaya satu sama lain kalau mereka bisa.

"Kami coba hanya fokus di permainan dan arahan pelatih. Kami tidak mau terganggu dengan pendukung lawan yang banyak memenuhi stadion hari ini," kata Pitha.

Rinov menambahkan, di poin-poin akhir mereka bisa bermain lebih tenang sementara mungkin lawan agak tertekan. "Selebihnya kami dari junior sudah sering bertemu mereka jadi sudah sama-sama tahu," kata Rinov.

Di babak 16 besar, Rinov/Pitha akan bertemu unggulan dua Yuta (Watanabe)/Arisa (Higashino) dari Jepang. "Pastinya kami harus menyiapkan lagi semuanya. Dari jaga kondisi dulu, recovery karena hari ini cukup panjang juga pertandingannya. Nanti baru diskusi dengan semua akan bermain apa melawan mereka," kata dia.

Sementara itu, Rehan mengaku kekalahannya karena tekanannya lebih ada di mereka. Sedangkan pemain putra lawan juga bermain dengan variasi yang banyak dan menyulitkan bagi mereka.

"Kami juga lengah setelah unggul itu, mereka bermain dengan bola setengah dan saya terlambat terus untuk mengantisipasinya," kata Rehan yang saat ini sedang bermasalah dengan berat badannya.

Lisa menambahkan di gim kedua poin akhir, ada kesempatan mereka untuk mengambil poin tapi mereka tidak bisa manfaatkan. "Tidak ada tegang di Asian Games pertama ini tapi kami kecewa karena harusnya bisa bermain lebih lepas," kata Lisa.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis welasasih dan wirausaha